Selasa, 27 Oktober 2015

5 Gosip Seputar Laptop Xiaomi

Siapa bilang gadget freak tidak suka bergosip? Nyatanya, mereka tidak ubahnya seperti ABG Labil atau ibu-ibu yang hobi bergosip tentang kehidupan selebriti. Bedanya, yang para gadget freak gosipkan adalah isu-isu seputar perangkat canggih atau gadget yang kelak akan dirilis.
Salah satu gosip gadget yang hangat dibicarakan adalah kehadiran laptop Xiaomi. Setelah sukses dengan perangkat telepon bergerak alias mobile phone, Xiaomi tidak buang-buang waktu untuk menaikkan level popularitas mereknya. Pabrikan asal Tiongkok tersebut berekspansi ke ranah komputer jinjing. Laptop Xiaomi pun merebak menjadi bahan pembicaraan.

1. Gosip Pertama: Rilis Awal 2016

 Laptop Xiaomi
Adalah Bloomberg yang memberikan update tentang kabar tersebut. Katanya, gosip tentang laptop Xiaomi benar adanya. Laptop Xiaomi akan dirilis tak lama lagi, yaitu pada kuartal pertama awal tahun 2016.
Xiaomi memang sempat dirumorkan akan membuat produk laptop di akhir tahun lalu. Namun saat itu, kabar tersebut kemudian dibantah oleh Xiaomi.

2. Gosip Kedua: Kerjasama dengan Samsung

 Laptop Xiaomi
Dikutip KompasTekno, laptop Xiaomi tersebut dibuat untuk bersaing dengan produk premium lainnya. Produk premium yang dimaksud adalah MacBook Air dari Apple serta ThinkPad buatan Lenovo. Namun, menyaingi dua merek mumpuni tersebut tentu tidak mudah. Xiaomi harus memutar otak.
Untuk mewujudkan hal tersebut, Xiaomi dilaporkan bekerja sama dengan raksasa elektronik Korea Selatan. Ya, Xiaomi akan bekerjasama dengan pabrikan Samsung. Kerjasama meliputi pembuatan chipset dan, kemungkinan, layar laptop.

3. Gosip Ketiga: Bajak Eksekutif Lenovo

 Laptop Xiaomi
Xiaomi sepertinya serius dengan ekspansinya ke bisnis komputer jinjing. Bila penetrasinya dilakukan sebagaimana pada pasar telepon genggam, ekspansi Xiaomi seharusnya membuat para pemain lama cemas.
Dari semua pemain, Lenovo barangkali adalah yang harus paling waspada. Ada dua hal yang mendasarinya. Pertama, ekspansi Xiaomi ke ranah laptop diprediksi oleh para pengamat akan berpengaruh terhadap penjualan pemimpin pasar Lenovo saat ini. Kedua, menurut gosip yang beredar, Xiaomi juga hendak berburu eksekutif Lenovo untuk mengepalai unit bisnis laptop-nya.

4. Gosip Keempat: Dirakit oleh Inventec

 Laptop Xiaomi
Untuk memproduksi laptop, Xiaomi tidak bergerak sendirian. Xiaomi telah menunjuk rekanan sebagai perakit laptopnya.Xiaomi dikabarkan telah berbicara dengan pabrik perakit Taiwan bernama Inventec untuk membuat laptop.
"Saya yakin dengan masa depan bisnis komputer laptop Xiaomi, mereka sudah memiliki 200 juta pengguna smartphone," ujar Richard Lee, Chairman Inventec, seperti dikabarkan oleh Taipei Times dan dikutip KompasTekno.
Walau demikian, Lee mengatakan bahwa pendekatan pasar yang digunakan Xiaomi untuk produk laptopnya akan berbeda dengan pendekatan yang digunakan untuk memasarkan ponsel.

5. Gosip Kelima: Penggunaan Prosesor Intel i7

 Laptop Xiaomi
Berkaitan dengan spesifikasi laptop yang akan dibuat, belum terdapat konfirmasi resmi dari pihak Xiaomi. Namun kabarnya, Xiaomi akan menggunakan prosesor Intel Haswell i7-4500u sebagai dapur pacunya.  Prosesor tersebut akan dilengkapi dengan Random Access Memory sebesar 16 GB.
Bagaimana dengan ukuran layarnya? Layar Laptop Xiaomi sendiri akan berukuran 15 inci dengan resolusi Full HD 1080p. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar