Rabu, 21 Oktober 2015

Mengapa Akun Surel Direktur CIA Diretas?

Beberapa hari yang lalu, akun surel Direktur CIA, John Brennan diretas oleh sekelompok pemuda. Hal ini sangat mengejutkan, karena bagaimana mungkin akun milik seorang seperti John Brennan diretas oleh sekelompok pemuda tidak dikenal. Sebenarnya apa yang diinginkan oleh sekelompok pemuda ini?
Sekelompok pemuda ini memberi tahu situs businessinsider.co.id tentang bagaimana mereka meretas akun surel Brennan. Ada 7 langkah peretasan yang mereka jelaskan:
  1. Mengetahui nomor telepon genggam Brennan dan memberi tahunya bahwa ia punya akun di Verizon.
  2. Satu dari mereka mengaku sebagai teknisi dari Verizon dan bertanya ke Verizon tentang detail dari akun Brennan serta mengaku bahwa “alat mereka rusak”.
  3. Verizon mempertanyakan Vcode dan mereka memberinya yang palsu.
  4. Kemudian, Verizon memberikan 4 digit PIN, nomor cadangan untuk telepon genggamnya, akun surel AOL Brennan, dan 4 digit terakhir dari kartu banknya.
  5. Kemudian, mereka mengaku sebagai Brennan dan mengakui pada AOL bahwa akun surel AOL-nya terkunci.
  6. AOL menanyakan pertanyaan keamanan, lalu salah satu dari kelompok pemuda itu memberitahu informasi yang mereka dapatkan dari Verizon.
  7. AOL me-reset kata kunci akun tersebut.
Dari tujuh langkah tersebut, sekelompok pemuda ini dapat mengakses keseluruhan dokumen terkait pergerakan CIA dan Gedung Putih, serta pemerintahan Amerika Serikat. Sekelompok pemuda ini juga mem– post beberapa informasi terkait dari akun twitter mereka. Akan tetapi, bukan Brennan tidak sadar akan hal peretasan ini. Ia menghapus akun surel AOL-nya.
Dari situs wired.com, Brennan menanyakan apa maksud dari peretasan tersebut. Sekelompok pemuda tersebut menyebutkan nominal uang. Lalu, Brennan menanyakan kembali berapa nominal uang yang mereka minta. Akan tetapi, jawaban yang cukup mengagetkan muncul dari pihak sekelompok pemuda tersebut.
“Kami hanya ingin Palestina bebas, dan untukmu berhentilah membunuh orang yang tidak bersalah,” balas sekelompok pemuda tersebut.
Kemudian, di vice.com, sekelompok pemuda ini menjelaskan peretasan yang dilakukan untuk Brennan hanya sekedar pemanasan. Mereka telah mempunyai rencana untuk melakukan peretasan lain untuk mengejutkan dunia. Masih di situs yang sama, sekelompok pemuda ini juga menjelaskan keinginan mereka. “Stop bombing and #freepalestine,” adalah keinginan sekelompok pemuda tersebut.
Pernyataan bahwa peretasan untuk Brennan hanya sekedar pemanasan juga dijelaskan oleh situs New York Post. Sekelompok pemuda ini telah menentukan target berikutnya. Orang nomor 2 di Pentagon, Robert Work. Untuk itu, sampai saat ini, tidak ada keterangan mengapa Sekretaris Deputi Pertahanan Pentagon menjadi target peretasan mereka selanjutnya.
Dengan berbagai penjelasan di atas, diketahui bahwa peretasan ke orang-orang yang bekerja di badan intelejen dunia masih dapat dilakukan. Lalu, menurut Anda, apa tujuan mereka dengan kehendaki seperti itu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar