Rabu, 21 Oktober 2015

Sudah Terlalu Lama Sendiri? Waktunya Mengunjungi 5 Situs Online Dating di Indonesia

Sudah terlalu lama sendiri, sudah terlalu lama aku asyik sendiri….”
Lagu di atas mungkin dapat membuat air matamu mengalir tak terkendali dan mendadak mau keramas sambil meratapi nasib di pojok kamar mandi. Bagi sebagian orang, jomblo adalah fase hidup paling berat.
Single, jomblo, lajang, apapun sebutannya didasari oleh dua hal; prinsip dan frase ‘emang seret’. Bagi orang yang melandasi status lajangnya karena prinsip belum mau menikah, hal itu tentu tak menjadi masalah. Namun bila masalahnya adalah ‘emang seret’, sepertinya kamu butuh 5 Situs Online Dating di bawah ini.

1. Situs Online Dating Setipe

 Kencan Online
Sejauh ini, Setipe sepertinya adalah situs online dating alias kencan daring (dalam jaringan) paling populer di Indonesia. Ya, Setipe dapat membantu kamu mencarikan pasangan yang cocok. Bagaimana caranya?
Setelah mendaftarkan diri, kamu akan diminta untuk mengisi profil lengkap, preferensi pasanganmu, dan menjawab serangkaian pertanyaan yang akan menilai kepribadianmu. Setelah itu, Setipe akan mencarikan pasangan yang cocok dengan preferensi dan hasil tes kepribadian kamu tadi.
Jika ada hasil yang cocok, kamu bisa mengajak calon pasangan tersebut untuk ngobrol, loh. Jika salah satu dari kalian, entah kamu atau si calon pasangan, merasa kurang ‘klik’ atau langsung menolak, Setipe akan segera mencarikan calon yang lain untuk kalian.
Kamu tidak ingin ketahuan karena menggunakan layanan ini? Jangan khawatir, profilmu akan dirahasiakan, kok, sehingga tidak dapat ditemukan di mesin pencari seperti Google.
Situs web Setipe didirikan oleh Christian Sugiono. Sekedar informasi, aktor yang terkenal lewat film Jomblo ini juga merupakan founder situs web MalesBanget.

2. Situs Online Dating “Perfect Match Jakarta

 Kencan Online
Perfect Match Jakarta punya mekanisme yang mirip dengan Setipe. Setelah mendaftar, kamu diharuskan mengisi tes kepribadian untuk mengetahui kepribadianmu sendiri. Kemudian, kamu akan mendapat rekomendasi pasangan yang cocok dengan profil dan kepribadianmu.
Bedanya dengan Setipe adalah situs web ini lebih segmented. Maksudnya, Perfect Match Jakarta dibuat khusus untuk mereka yang berusia minimum 28 tahun, berasal dari kalangan profesional, dan sesuai namanya, tinggal di wilayah Jabodetabek.
Selain itu, pengguna dalam situs web Perfect Match Jakarta akan diverifikasi dan dikurasi secara ketat. Tujuannya adalah untuk menjaga kenyamanan pengguna lainnya. Jadi, jika mendaftar hanya untuk iseng atau bahkan berlaku tidak sepantasnya, kamu mungkin akan di-kick dalam beberapa hari.

3. Situs Online Dating “Jomblo

 Kencan Online
Bukan, ini bukan judul film yang diadaptasi dari novel Adhitya Mulya. Jomblo adalah situs online dating asli buatan orang Indonesia.
Tidak seperti website lain, Jomblo lebih menyebut layanan mereka sebagai jejaring sosial atau facebook-nya para jomblo. Selain bisa mencari teman dan berkirim pesan dengan jomblo lainnya, kamu juga bisa klik like pada profil pengguna lain. Selain itu, kamu juga bisa menemukan aktivitas atau komunitas daring (online) yang sesuai dengan minatmu.
Berlawanan dengan konsep Perfect Match Jakarta yang menekankan keseriusan dalam mencari jodoh, Jomblo punya tujuan bahwa mereka yang tidak memiliki pasangan bisa melakukan sesuatu yang positif seperti mengikuti aktivitas tertentu atau bergabung pada suatu komunitas. Siapa tahu, aktivitas dan komunitas tersebut adalah jalan menuju cinta yang suci nan bersemi abadi di sanubari.

4. Situs Online Dating “Indonesian Cupid

 Kencan Online
Indonesian Cupid adalah situs kencan daring yang dikelola oleh Cupid Media, Pty.Ltd. Cupid Media adalah sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri pada situs perjodohan berdasarkan pangkalan data (database). Perusahaan ini bukan pemain baru dalam dunia perjodohan karena didirikan pada 1999 dan berpusat di Gold Coast, Australia.
Didominasi warna ungu lembut, navigasi Indonesian Cupid terbilang sangat baik sehingga bisa dibilang user friendly. Untuk mulai mendaftar (sign up), kamu hanya perlu menyertakan nama pertama (barangkali untuk kepentingan privasi para penggunanya), jenis kelamin, kata sandi (password), dan alamat surat elektronik (email). Bila mau lebih mudah, kamu bisa masuk menggunakan akun facebook milikmu.
Meskipun bernama Indonesian Cupid, situs ini tidak membatasi perjodohan pada orang Indonesia saja. Jadi, kalau kamu mau mendapatkan jodoh bule, bisa saja, kok!

5. Situs Online Dating “Tristup

Kencan Online
Cara menggunakan Tristup sangatlah mudah. Setelah mendaftar menggunakan akun facebook, kamu bisa memilih siapa yang ingin didekati pada daftar teman facebook-mu, baik dengan pilihan “let’s date” maupun “let’s shag”. Apabila orang tersebut juga memilih kamu dengan opsi yang sama, antara “let’s date” dan “let’s shag” , keduanya akan diberitahu oleh Tristup.
Bagaimana jika tidak ada pilihan sama yang terjadi dalam 30 hari? Tenang, seluruh aktivitasmu akan dihapus dan dijaga kerahasiaannya.
Tristup juga menyediakan fitur baru agar pengguna bisa mencari jodoh di luar dari daftar teman Facebook mereka. Jadi, jika tidak ada teman yang ingin dijadikan pasangan, kamu bisa mencari orang lain di luar lingkaran pertemanan facebook melalui fitur “playdate”.
Kelima website di atas barangkali bisa membantumu mencari pasangan yang cocok, terlepas dari keterbatasan yang kamu miliki dalam melakukan pendekatan dengan orang lain, misalnya rasa canggung. Namun, perlu diingat bahwa dirimu dan bagaimana kamu berinteraksi adalah dua hal yang paling menentukan kesuksesan usahamu dalam mencari jodoh.
Siap untuk bebas galau kala mendengar lagu “Terlalu Lama Sendiri”?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar