Rabu, 21 Oktober 2015

Suka Variety Show Korea? Cek 5 Variety Show Favoritmu di Sini

Korea Selatan sukses melakukan ‘invasi’ budaya. Mereka melakukannya bukan melalui dunia pariwisata yang menawarkan panorama-panorama indah mempesona, melainkan melalui ragam hiburan dalam dunia entertainment.
Ragam hiburan yang ditawarkan pun bervariasi, mulai dari boybandgirlband, hingga drama KoreaVariety show yang diisi oleh selebritas-selebritas lokal Korea pun tak mau ketinggalan dalam gerbong hiburan yang Korea tawarkan.

1. Running Man

 Variety Show Korea
Running Man adalah variety show yang ditayangkan oleh Seoul Broadcasting System atau SBS. Acara ini pertama kali mengudara pada 11 Juli 2010. Saat ini, Running Man adalah variety show kedua ‘terlama’ di Korea, hanya kalah jumlah episode dari Infinity Challenge. Tercatat, sudah lima tahun acara ini mengudara.
Awalnya, Running Man merupakan variety show yang menitikberatkan pada permainan ‘petak umpet’. Ketujuh pemain awalnya adalah Yoo Jae Suk, Kang Gary, Ha Ha, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Lee Kwang Soo, Song Ji Hyo, dan Song Joong Ki (akhirnya keluar karena karier individunya sebagai aktor).
Bersama dengan beberapa orang bintang tamu, mereka harus menuntaskan misi demi misi yang dilangsungkan di bangunan-bangunan terkemuka (landmark) di Korea, baik bangunan moderen maupun bangunan cagar budaya. Dengan demikian, selain sukses sebagai sebuah variety show, Running Man juga merupakan ajang promosi pariwisata Korea yang baik.

2. The Return of Superman 

 Variety Show
The Return of Superman adalah acara yang diisi oleh para ayah. Dalam acara ini, para ayah ditantang untuk merawat anak-anaknya tanpa bantuan pasangannya alias sang istri. Berbeda dengan Running Man, acara ini ditayangkan oleh stasiun televisi KBS (Korean Broadcasting System). Untuk menyemarakkan variety show ini, para ayah yang diundang mengisi acara berasal dari kalangan selebritas yang tengah memiliki anak balita. Mereka adalah Song Il Gook (ayah Daehan-Mingguk-Manse), Lee Hwi Jae,Chu Sung Hoon, dan Uhm Tae Wong.
Setidaknya, ada dua hal yang membuat The Return of Superman menjadi populer. Bila Running Man populer karena mengambil tempat di tempat-tempat terkenal Korea dalam proses syutingnya, variety show satu ini terkenal karena faktor ayah dan anak.
Dikatakan faktor ayah karena para ayah yang mengisi acara ini memiliki unsur popularitas sebagai selebritas. Dikatakan faktor anak karena berbagai anak selebritas ini memiliki tingkah yang lucu. Ada yang cantik dan pintar, ada pula yang kembar. Tingkah laku mereka yang menggemaskan tentu menarik perhatian penonton.

3. Infinity Challenge

 Variety Show
Infinity Challenge diakui sebagai variety show yang pertama dalam sejarah televisi Korea. Sebagai reality show, program acara ini sebagian besar dibuat tanpa naskah dan mengikuti format yang sama dari reality showberbasis tantangan yang akrab bagi penonton di Barat. Bedanya, tantangan-tantangan dalam Infinity Challenge seringkali konyol, tidak masuk akal, atau tidak mungkin untuk tercapai.
Program mengambil aspek satir dari berbagai acara komedi daripada menjadi variety show berbasis realitas. Dalam episode sebelumnya, enam host acara dan staf terus menyatakan bahw dalam rangka mencapai tujuan komedi, program ini menerapkan standar adalah 3D: Dirty, Dangerous, and Difficult (Kotor, Berbahaya, dan Sulit).
Kekonyolan dan ketidakmasukakalan inilah yang menjadi ciri khas Infinity Challenge. Saking populernya, acara ini mampu bertahan hingga hampir 10 musim. Wow!

4. We Got Married

 Variety Show
We Got Married adalah variety show Korea yang juga sukses. Perjodohan sepertinya merupakan gagasan utama pada acara ini. Pada We Got Married, para selebritas ‘dicomblangkan’ dan diperlihatkan kehidupannya setelah menikah.
Para artis KPOP terkenal banyak yang telah menjadi pasangan di We Got Married, di antaranya adalah pasangan Hong Jong Hyun - Kim Yura, pasangan Min Nam Goong - Hong Jin Young, serta pasangan Song Jae Rim - Kim So Eun. Banyak para fans yang berharap beberapa selebritis benar-benar menikah.
Setiap minggu, para pasangan ini harus menyelesaikan suatu misi. Nah, di sinilah letak keseruannya. Dari misi ini, para selebritas akan saling memberitahukan pendapat mereka tentang pasangannya. Selanjutnya, host acara akan memberikan komentar tentang hubungan para selebritas tersebut. 

5. 2 Days 1 Night 

 Variety Show
2 Days 1 Night adalah variety show Korea yang telah berjalan selama tiga musim. Acara ini memiliki konsep petualangan ke suatu tempat. Para pemainnya adalah Uhm Tae Wong, Sung Si Kyung, Lee Soo Geun, Kim Jong Min, dan Cha Tae Hyun.
Tempat bertualang adalah salah satu faktor yang melatari popularitas 2 Days 1 Night. Pada acara ini, kelima orang tersebut diharuskan berpetualang ke tempat-tempat menantang seperti pegunungan,hutan,dan pulau-pulau terpencil. Selama perjalanan, mereka harus memenangkan games berhadiah. Karena itulah acara ini memiliki rating yang bagus.
Variety show yang menjamur di Korea Selatan mendapat tempat di hati penggemarnya. Hal ini disebabkan setiap acara memiliki keunikannya masing-masing. Belum lagi beberapa selebritas yang terkenal pada satu acara variety show terlibat pada variety show lainnya sehingga popularitas acara pun kian terdongkrak.
Selain itu, kelucuan yang mereka suguhkan setiap episode juga menjadi faktor penting lainnya. Tak heran, variety show ala Korea Selatan digemari tidak hanya oleh penduduk Korea, tetapi juga masyarakat Indonesia.
Nah, yang manakah variety show favorit kamu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar